Total Tayangan Halaman

pembelajaran matematika (aritmatika,logika,aljabar)

Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari secara luas di seluruh dunia, selain pelajaran bahasa dan sains. Mengapa? Karena setiap aplikasinya amat membantu manusia dalam kehidupannya.
Secara garis besar, pelajaran matematika meliputi kemampuan berhitung, berlogika, dan menganalisis. Kamu akan mencari jawaban dari setiap soal dengan menggunakan pembuktian dan rumus matematika yang tepat.
Di sini, kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai semua materi pelajaran matematika. Semua teori dan rumus matematika lengkap dibahas di dalam video pembelajaran yang tersedia. Setelahnya, kamu bisa menguji pengetahuanmu dengan mengerjakan semua soal yang tersedia sesuai dengan tingkat kesulitannya (mudah, sedang, sukar).
Dari aritmatika hingga aljabar, dari geometri hingga kalkulus, bisa kamu dapatkan disini. Jadi, tak perlu khawatir dengan materi penghitungan yang satu ini karena materi dan rumus matematika lengkap SD / SMP / SMA tersedia disini. Tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi matematika lebih dalam!

1. Aritmatika

Aritmatika merupakan materi pertama yang dikembangkan dan menjadi ilmu dasar dari semua pelajaran matematika modern. Sejak 2000 SM, banyak peradaban, seperti Babylonia, China, Yunani, Mesir, hingga Arab, sudah mengembangkan aritmatika untuk mendukung kehidupan mereka.
Sejak saat itu, aritmatika terus berkembang. Di era modern, aritmatika akan kamu dapatkan di jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di jenjang tersebut, kamu akan mempelajari mengenai teori aritmatika dan rumus matematika lengkap dengan soal-soalnya.
Di sini, kamu bisa belajar aritmatika dengan cara cara yang mudah melalui video pembelajaran yang interatif dan menarik. Materi yang akan diajarkan antara lain: teori bilangan, FPB & KPK, aritmatika sosial, dan barisan & deret. rumus matematika lengkap

2. Logika

Pelajaran matematika juga mempelajari mengenai ilmu logika. Logika berfokus pada penggabungan dari kekuatan ilmu berpikir (logika) dan kemampuan pembuktian. Oleh karena itu, hasil yang didapat dalam materi logika harus sesuai dengan bukti yang valid.
Logika muncul sebagai salah satu cabang matematika pada pertengahan abad ke 19. Logika dimasukkan ke dalam matematika karena pada dasarnya, matematika merupakan kumpulan logika manusia yang disusun secara sistematis dan terorganisir sesuai dengan bidangnya.
Di dalam materi logika, kamu akan mempelajari mengenai beberapa hal, seperti: ilmu himpunan, logika matematika, modus ponens & tollens, dan induksi matematika. Logika juga menggali mengenai silogisme, yang merupakan temuan dari Aristoteles.

3. Aljabar

Aljabar merupakan ilmu yang berhubungan dengan simbol (x, y) dan rumus matematika untuk mendapatkan hasil dari sebuah persamaan ataupun soal tertentu. Kata aljabar sendiri berasal dari bahasa arab al-jabr yang berarti penyatuan bagian yang rusak.
Ada 2 orang ilmuwan yang dianggap sebagai bapak aljabar, yaitu Diophantus, penemu persamaan DiophantinedanMuhammad Al-Khwarizmi yang menerbitkan buku The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing.
Untuk mempelajari aljabar, kamu harus menguasai beberapa materi dalam aljabar, yaitu persamaan & pertidaksamaan, logaritma, eksponen, fungsi kuadrat, dan aljabar dasar. Semua pembelajaran itu bisa kamu dapatkan disini!
Previous
Next Post »